Peringatan keras: setiap karya yang dimuat di Writing Session dilindungi UU hak cipta & penjiplakan pada karya tersebut memiliki sanksi!

Selasa, 28 Desember 2010

Tips Mengirim ke Majalah

Halo,

Untuk kali ini, ada tips singkat untuk partisipan yang berniat untuk mengirim cerpennya yang dibuat di salah satu sesi WritingSession ke majalah. Ya! Kalian tidak hanya bisa mengirim ke sini saja, tapi juga bisa pula mengirim ke majalah. Bagaimana tips dan caranya?

Yang pasti, yang paling penting adalah tentukan ke majalah/koran mana kalian akan kirim cerita kalian. Kenapa? Karena itu menentukan jenis tulisan kalian, panjangnya, dan sebagainya. Ada majalah yang sering memuat cerita remaja, ada yang bisa cerita general, ada yang sering memuat komedi. Kalian juga bisa lihat di kotak khusus di bagian cerpen atau di bawah kolom redaksi, ada syarat-syarat tertentu tentang panjang cerpen (9000 karakter untuk majalah KaWanku misalnya), atau 7 halaman untuk majalah Gadis, dan sebagainya. Poin pentingnya adalah perhatikan konten seperti apa yang diinginkan majalah dan syarat teknisnya.

Misalnya kalian sudah menulis tulisan untuk sesi WritingSession dan belum memenuhi syarat konten atau teknis dari majalah yang kalian tuju. Dalam kasus seperti ini, kalian bisa merevisi tulisannya. Misalnya untuk teknis, misalnya tulisan kalian kurang panjang, kalian bisa mengembangkan cerita atau menambahkan detil-detil untuk cerita itu sampai sesuai dengan majalah. Jika kontennya yang tidak sesuai, kalian bisa merevisi cerita dari ide yang sudah ada, dan mengembangkannya ke arah tertentu yang diinginkan. Misalnya kalau awalnya menulis tentang pembunuhan dari tema itu, kalian bisa memasukkan unsur romance ke dalamnya untuk masuk ke majalah yang menyukai cerita romance.

Tapi sebetulnya, mungkin akan mudah pula untuk merencanakan terlebih dahulu, sebelum mengikuti sesi, kemana kalian akan mengirim tulisan kalian. Untuk sesi, kalian bisa menulis versi pendeknya, kemudian bisa kalian kembangkan untuk majalah atau korannya. Atau jika waktunya mencukupi, bisa menulis sampai habis di sesi itu untuk majalah itu, dibantu dengan tema yang kami berikan.

Semangat ya! Kabar-kabari kami kalau ada tulisan kalian yang diterbitkan! Kami ikut senang!

P.S.: Kalau tulisan kalian dimuat di majalah dan kalian ingin kami menghapus tulisan kalian yang sama itu di blog ini, silakan email saja, akan kami hapus.

1 komentar:

SANGAT DIANJURKAN untuk saling mengapresiasi atau mengkritik tulisan satu sama lain. Kita sama-sama belajar ya!