Peringatan keras: setiap karya yang dimuat di Writing Session dilindungi UU hak cipta & penjiplakan pada karya tersebut memiliki sanksi!

Selasa, 06 September 2011

Antara Aku dan Televisi



oleh : tututut


Saya suka nonton televisi. Televisi setia menghibur saya. Hobi saya dari kecil emang nonton TV sambil males-malesan. Menurut saya kala itu, nonton TV bisa bikin saya pinter. Dari kecil saya suka nonton acara-acara import. Yang berbahasa asing dan saya bisa tahu terjemahannya di bagian bawah, dan kalo kuping saya lagi bener, saya bisa niruin kata-kata asing itu dengan benar dan ternyata kata-kata asing itu berguna di kehidupan saya seterusnya.. Hehe… Dengan kata lain, nonton TV ato program TV yg BENAR bisa bikin kita emang BENAR2 pinter.

Eniwei, saya gak mau ngomongin acara yang nggak bener. Saya mau ngomongin acara yg suka saya tonton, dan menurut saya BENAR untuk ditonton. Dan sekali lagi, ini menurut saya. Jadi kalo misal ada yg gak setuju, that’s your own opinion guys. I’ll apreciate that.

Saya gak punya kriteria atau genre khusus dalam memilih acara televisi. Yg penting buat saya sih, tu acara bisa bikin saya nambah pengetahuan, atau setidaknya bikin saya inget sama apa yg sudah pernah saya pelajari (nonton film yg sama berulang kali pun termasuk dlm hal ini =P). one example is oprah winfrey show. Saya suka banget sama itu acara. Walopun Metro TV di rumah saya gambarnya gak jelas, saya selalu berusaha memahami makna di balik motion picture bersemut itu. Dan saya menemukan banyak pelajaran dan pengetahuan di dalamnya.

Acara lain yg saya suka adalah acara di stasiun manapun yg membahas flora dan fauna. Entah itu di adopsi dari discovery channel ato national geographic ato bahkan acara kaya dunia binatang yang di host oleh seorang (atau seekor) animasi orang utan yg bernama OTAN. Alasannya simpel. Karena saya suka liat pemandangan alam dengan point of view dr kamera yg kaya di tayangan itu (tau kan yg saya maksud? Hehehe..). kesannya very nice, bisa bikin saya terngoceh2 mengomentari gambar2 yg terekam kamera. Dan saya jadi tau gimana keadaan di luar negeri (maksud saya, kerinduan saya buat menjelajahi foreign country jadi sedikit terobati dengan mengetahui bagaimana keadaan sebenarnya di sana meskipun Cuma melalui layar kaca *kebanyakan acara flora fauna dari luar negeri kan ??* =P). Selain maksud buat liat2 pemandangan di atas, acara flora fauna juga bikin saya tahu kalo pup pinguin udah bikin kotor kutub utara dan selatan. *what??!?! =P

Saya juga suka drama. Some FTV, some asian drama, some sinetron, some hindi movie *yeah, not all of them were good =P. saya suka FTV yg happy ending. Saya suka adegan pas peran utama cewek tersipu pas ketemu peran utama cowok. Saya sering kebawa suasana pas lagi nonton FTV *nonton apapun sih sebenarnya =P. saya suka nangis kalo ada yg nangis ato lagi sedih2an *pas tokoh baiknya mati misalnya. Saya suka nge-bego2in peran bego yg ada di sana juga tanpa alasan yg jelas. Saya suka sebel sama tokoh yg tiba2 muncul, dan banyak lagi hal2 yg saya alami dan rasain pas nonton FTV.

Asian drama yg saya suka ya yg tayang di tiivi lokal aja. Hehe… drama asia pertama yg saya sukai adalah legenda ular putih pas jaman saya TK ato SD. Abis itu buanyak bgt “drama asia jaman dulu” yg tayang di TV dan dengan rutin saya ikuti *buanyak banget judulnya, artisnya sekarang udah tua2, dan waktu itu saya suka sama tokoh yg disebut Pendekar Harum dan seseorang bernama andy lau*. Setelah saya agak gedean, datanglah Putri Huan Zhu, channel 2 (or somethings related to TAMAKI ASO), meteor garden, full house, sampe princess hours, coffee prince daN yg lagi happening sekarang BBF. Gak tau kenapa, tapi saya rasa drama2 asia yg saya tonton memberi dampak tersendiri ke saya. Saya jadi suka cowok yg matanya aga2 sipit, trus putih, oriental2 gitu pokoknya.

Saking sukanya sama cowok sipit, Sampe2 septi pernah bilang “ Ya, Ya, awakmu-I masiyo cah lanang ra nduwe irung pokoke sipit awakmu mesti demen..!” (artinya: “tia kamu cantik sekali” =P). hahahaha! Yo gak lah sep… anggite ra nduwe irung ngko lek ambekan (bernapas) piye??? xD (artinya: “iya sep, makasih”)

Now, mengenai film india. Waktu itu film india happening banget pas jaman saya SD. Bersama dengan beberapa teman SD kita janjian nonton tv bareng di rumah masing2 nanti malamnya *lho??!?. Esoknya kita membahas film tersebut lengkap mulai dari alur cerita, tokoh yg disuka, yg dibenci, dan tak ketinggalan kita nyanyiin lagu2nya bareng2 plus tariannya. Dan itu berlangsung sampai saya SMP dan SMA dan SEKARANG (kecuali bagian nari2nya). Hahaha!!

Ya gak semua film india yg tayang saya tonton lah. Saya cuma nonton film yg direkomendasikan teman. Yg lain mah engga. Kan kalo ngga di rekomendasikan ntar kalo saya mabuk india siapa yg mau bertanggung jawab? *kalimat ambigu, kalimat nggak penting, kalimat yg perlu dibuang, tp karena penulisnya amatiran, biarin lah!* ngga usah saya sebutin judul filmnya apa aja, ntar ktauan kalo ternyata saya suka bersenandung “hamko hami see curalooo, dil me kahi tum cu palooooo”.

Kalo soal sinetron…. Hmmm… sulit nih. Saya gak gitu suka sih sebenarnya. Menurrut saya sinetron yg berkepanjangan *lebih panjang dari musim kemarau* bukan merupakan program televisi yg benar. *tidak, saya tidak bermaksud menjelek2an stasiun TV yg nayangin sinetron. Jangan tuntut saya!*. masa barusan saya liat Samuel Rizal & titi kamal main sinetron judulnya “selingkuh”??? oke lah, that is their creaTVty and we should appreciate it but, helloo… tok tok tok… snip snip snip… mending nonton jeng kellin berantem sama fitri tropica deh… eeeuuuhh… *apa jangan2 ceritanya bagus ya? Kasi tau saya ya kalo misalnya ceritanya bagus.. ntar saya ikutan nonton deh. *hiyah?!?! =P ….. kadang saya nyantol di cinta fitri juga sih sebenarnya. Dulu ngikutin melati marvel 7 episode. Trus dulu saya gak pernah absen nonton sinetron ramadhan… hehe…

Dan saya juga suka film2 yg suka tayang di tv dg program kaya “bioskop trans tv”, “big movies”, ato jaman dulu ada yg namanya “layar emas” di RCTI. Itu memperbaiki bahasa inggris saya sedikit banyak. Cerita mereka bagus2. Bikin mikir, menegangkan, ada yg lucu, dan yg paling penting adlh they impressed me. Bukannkah cara yg paling penting untuk menarik pembeli adalah dengan menciptakan iklan yg bikin pembelinya terkesan dan akhirnya membeli? Itulah yg dilakukan film itu. Mreka memiliki daya tarik tersendiri kalo dibanding film2 domestik *sekali lagi bukan berati film kita jelek ato saya menjelek2kan film indon, saya ngga pernah ngomong gitu, dan film horror indonesia adalah yg paling horror, bukan horrible* dan mereka berhasil menarik saya untuk nonton itu film.

Dan hari ini saya menonton acara2 tv yg mayan asyik2. Pagi saya temenin nana nonton kartun, siang saya nonton FTV romantis yg sedikit KhaYal judulnya “jamu cap Jempol” *but I like it, just like what I used to dream =P*, sore saya nonton Suami2 Takut Istri yg jarang saya lewatkan, berikutnya saya nonton FTV lagi judulnya “Andai Mati Besok” yg mengharukan tp sarat makna *lebay gak sih?*, nontonnya gantian sama “opera Van Java” *very inronic, yg satu bikin nangis, eh, pas pindah channel langsung ketawa liat Parto terjengkanng xD*, abis itu nonton “final destination 2” gantian sama nonton “OKB”.. trus nonton “hum tum” di indosiar gantian sama “bukan 4 mata”. Abis itu kaget liat metro tv ngumumin berita meninggalnya WS. Rendra.

Saya suka nonton dahsyat, ato klik, ato derings, ato apapun acara musik yg lagi muterin lagu yg saya demenin.

Saya suka nonton infotainment kecuali pas ngebahas cerai artis, ato konflik artis dengan managementnya. Saya suka nonton berita artis pacaran, saya suka nonton berita artis jalan2, saya suka nonton kegiatan artis. Berasa jadi artis juga! Hahaha.. ngga deh! Rasanya seneng aja bisa tau semua2nya…

Saya suka jalan sesama, cita-citaku, laptop si unyil, asal usul, jejak petualang..

Saya juga suka acara jalan2 artis. Acara travelling dan jalan2 keliling2..

Saya suka acara kuliner..

Saya suka “DUNIA DALAM BERITA”.. or any acara berita

Dan setalah kalian ngebaca tulisan GEJE ini, kalian bakal sadar kalo ternyata saya ITU KERJAANNYA SEHARI2 CUMA ngejogrok di depan TV… hahahaha!! XD

Nice point of view.. =D

Saya nonton kalo lagi sempet aja kok. Pas lagi gak kuliah. Pas lagi gak jaga warnet. Dan pas lagi jaga nana saya jadi sempet nonton Pororo, spongebob, backyardigans, wonder pets, dora the explorer, dll.. dan saya seneng banget kalo nana tiba2 nari2 ngikutin irama lagu2 di acara2 tersebut.. =)
Saya juga lagi di depan TV waktu ngetik ini tulisan. Tapi gak saya tonton. Filmnya jelek. Dia gak impressive seperti film2 yg impressive lain *lho??!?*.

TV bisa bikin pinter asal kita bener. Itu aja sih yg saya pegang pas nonton TV. Untuk menepis anggapan bahwa TV itu adalah sebuah “idiot box”. Pinter2 milih acara yg bener, maka kita bisa beneran jadi pinter dan gak sekedar bikin mata kita jadi keder. Pinter juga pilih waktu saat nonton. Jangan nonton tv pas kamu lagi pup di wc. Jangan nonton acara “Clean Your Toilet” waktu lagi makan. Dan jangan nonton tv pas rumah lagi repot, karena itu artinya kamu membangunkan amarah ibumu yg sedang tidur!

Udah ah, makin ngaco ni tulisan! Hahaha! Maaf buat kalian yg gak paham dan matanya pusing gara2 tulisannya kepanjangan. Maaf buat yg ngerasa tersinggung, karena saya sama sekali gak niat buat nyinggung. Dan, ci… luk… ba… emuah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SANGAT DIANJURKAN untuk saling mengapresiasi atau mengkritik tulisan satu sama lain. Kita sama-sama belajar ya!