Peringatan keras: setiap karya yang dimuat di Writing Session dilindungi UU hak cipta & penjiplakan pada karya tersebut memiliki sanksi!

Jumat, 19 Agustus 2011

Best of the Night 18 Agustus 2011

Best of the Night tema 'Mie Instan' adalah...

Oleh Annisa Widyayuliana (@icha_widya)

Selamat yaa! Mari sekarang kita bahas satu-satu lewat kriteria yang ada..

1. Kalimat pertamanya standar. Tidak terlalu menarik, namun kalimat selanjutnyalah yang membuat para pembaca penasaran. Alergi kok malah menggilai? Ups, jadi spoiler. Intinya paragraf pertama cerita ini cukup menarik. Skor 3.

2. Twist tidak terasa. Atau mungkin memang tidak ada? Mungkin agak mengejutkan ketika si tokoh utama mengetahui kebenaran dari ibunya, tapi rasanya terlalu klise dan kurang 'greget'. Skor 2.

3. Tanda baca rapi dan tepat guna. Tapi ada beberapa keteledoran, mungkin lupa menempatkan tanda baca yaa, terutama penempatan koma dalam kalimat langsung sebelum tanda petik. Mungkin hanya ketidaktelitian semata. Skor 3.

4. Tulisan sesuai dengan tema. 'Mie Instan' menjadi inti dari cerita ini. Skor 4.

5. Seperti pada pembahasan twist tadi, cerita ini sebetulnya standar dan cukup umum tanpa ada twist yang mengejutkan atau ide unik dan aneh muncul di tengah-tengah cerita. Tapi yang menjadikan cerita ini menarik adalah kesederhanaan dan kepolosan cerita. Gaya penulis yang cukup 'blak-blakan' mendeskripsikan perasaan si tokoh utama menjadikannya unik dan kocak. Istilah yang menggelikan seperti noodleman menambah nilai plus cerita ini dan nama tokoh yang unik menambah cerita terasa 'berbeda'. Skor 3.

6. Pemilihan kata cukup baik meskipun kata-kata yang digunakan standar. Coba dieksplorasi sedikit lebih banyak, pasti akan menghasilkan cerita yang lebih baik. Skor 3.

Selamat sekali lagi dan tetap menulis yaaa!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SANGAT DIANJURKAN untuk saling mengapresiasi atau mengkritik tulisan satu sama lain. Kita sama-sama belajar ya!