Peringatan keras: setiap karya yang dimuat di Writing Session dilindungi UU hak cipta & penjiplakan pada karya tersebut memiliki sanksi!

Senin, 16 Agustus 2010

Mimpi Absurd . .


Oleh: Dini Novianti


Terbangun ditengah malam karena lupa shalat isya (sebenarnya memutuskan untuk melupakan sih, astagfirullah!!! Din, udah gede masih aja. Lain kali jangan diulangin) tapi ada hikmahnya juga sih, bangun tengah malem dan dapet ilham karena mimpi yang dialami hari ini

*dan mimpi itu pun mulai*

Hari ini aku punya janji sama anak-anak SQUAD seneng banget rasanya ketemu mereka lagi. Yah, wajarlah soalnya kita ketemu hanya 6 bulan sekali dan seringnya sih di Jakarta, licik banget ya mereka emang sih kebanyakan dari kita tinggalnya sekitaran Jakarta. Hari ini, janjian ketemuan dan sekarang mau jemput Evan dulu. Oh iya, kalian nggak tau ya sebenarnya SQUAD itu apa, nah aku jelasin dulu aja kali ya.

SQUAD, itu sebenarnya nama untuk sekumpulan anak-anak nggak jelas yang ketemuan dan deket semenjak acara ‘farewell party’ salah satu artis. Iya, artis! Jangan jadi ill feel gitu, kita bukan segerombolan anak-anak yang ngefans abis sama artis itu yang klo ketemuan sama artis terus teriak-teriak “aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah,, itu..itu.. tuh, kamu liat nggak? Itu tuh dia keluar. Cantik banget ya,” trus abis itu suara abis gara-gara teriak lagi. Ayo teriak lagi “aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhh”.

Cukup-cukup, jangan membayangkan lebih dari itu tidak sanggup saya membayangkannya. Jadi begitulah awal kita ketemu. Mulai dari sana kita mulai deket, ketemu untuk yang kedua kali, ketiga dan selanjutnya tapi ya itu lah kita cuma ketemuan setiap enam bulan sekali atau karena ada event-event yang penting. Event penting itu contohnya ngerencanain untuk bikin kado buat idola yang bisa bikin kita deket kayak gini. Hahahaha, parah ya ketemuan hanya untuk bikin kado doang. Yah tapi gitulah kenyataannya, udah ah segitu aja cerita tentang SQUADnya.

Nah, hari ini rencananya jemput evan dulu. Oh iya, kenalin. Evan, makhluk paling dong-dong yang pernah aku temuin, salah satu anggota SQUAD ini terobsesi banget pingin jadi artis sebenarnya sih pingin jadi penyanyi, dia bilang kemaren-kemaren dia udah bikin demo bareng temen-temen groupnya untuk dimasukin ke label. Moga aja kesampean ya, soalnya klo nggak kayaknya dia bakalan ke dukun untuk ngewujudin obsesinya itu, GAWAT itu! Rumahnya evan itu didaerah duren sawit, tapi kenapa sekarang jalanan ke sana itu jadi banyak pohonnya gini (harap maklum aja ya, soalnya kan mimpi mana bisa di kontrol mau ngambil tempat dimana). Setelah berkeliaran di hutan tak berpenghuni, melewati samudra, ketemu monyet buat nanyain dimana rumah evan dan dia nunjukkin arah klo mau ke rumah evan gampangnya itu lurus ketemu perempatan udah gitu belok kanan, kiri, kanan lagi, kiri lagi, kanan lagi, kiri lagi, sampai akhirnya aku mutusin untuk nggak percaya sama monyet itu gara-gara akhirnya setelah aku tanya “rumah kamu dimana nyet?” dia jawab “disana”. Ebuset! Klo gitu sih, dia ngasih tau jalan ke rumahnya bukan ke rumah evan. Bergerilya ditengah hutan, rasanya kayak itu perang zaman dulu, cuma bedanya nggak ada penjajahnya aja (klo gitu ngapain berasa perang Din! Ah, protes aja nih namanya juga mimpi.)

“nah tuh rumahnya evan.”

“van, van, bangun woi.. jangan nyanyi mulu, ntar penghuni hutan pindah semua.”

Nggak lama pintu rumah ke buka. Kreeeeek.

“ah, ganggu aja nih. Gw kan lagi bikin lagu nih sekalian melemaskan pita suara gw.”

“yee, kebanyakan denger kamu nyanyi yang ada aku yang lama-lama keganggu pikirannya. Ntar aku
ngerasa ada makhluk halus nyanyi kan gawat. Buruan udah siang nih, jadi pergi kan.”

“jadilah, gw udah dandan kece gini. Yuk caw.”

“bener kamu mau pergi kayak gini?”

“iya, emang kenapa? Ganteng ya gw?”

“van, lu tuh pake anduk doang, mana pakenya kayak cewe lagi. Nggak malu kamu klo ntar di jalan anduknya dicolong sama monyet gara-gara mereka juga mau mandi. Ntar kmu pake apaan?”

“eheheheeeheehe.. sorry, lupa, gw tadi kan lagi mandi. Loe sih, manggil-manggil.”

“kok jadi nyalahin aku. Buruan ganti baju dulu sana!”

Nggak lama (1jam! Ebuset ya, cowo atau cewe jadi-jadian sih dia lama banget ganti bajunya) nunggu evan ganti baju, akhirnya kita berangkat. Hari ini, kita berangkat pake mobil (mobil siapa ya? Aku aja nggak inget). Di mobil, aku sama evan ngobrolin mau jemput siapa dulu.

“jemput siapa dulu nih?”

“terserah kamu deh.”

“jemput tonton dulu deh”

“boleh”

Mobil sekarang melaju kenceng, ngelewatin parit, dan monyet yang tadi salah ngasih jalan. Tonton, bukan maksudnya kita mau nonton tapi tonton itu nama salah satu anggota SQUAD juga. Namanya sebenernya Toni, tapi lebih enak dipanggil tonton. Toni berperawakan gempal, beda kebalikan sama evan yang ceking selain itu juga toni tinggi, evan kuntet, toni selalu ada duit, evan jarang punya duit. Nah, rumahnya toni itu sekitar-sekitar laut gitu, dia seneng banget ngobrol sama ubur-ubur (??????)dan karang laut. Akhir-akhir ini, dia lagi ngadain konferensi besar untuk seluruh ubur-ubur dalam upaya untuk mencegah bleaching terumbu karang Indonesia. Kadang yang bikin aneh, kenapa dia mutusin untuk konferensi bareng ubur-ubur bukannya bareng makhluk laut yang lain. Intinya, dia ke obsesi sama ubur-ubur dan juga laut tentunya. Rumahnya toni gampang dicari, setelah keluar dari hutan rumah evan dan mengarah ke pantai kita cukup tanya sama ubur-ubur di laut arah rumah toni, pasti mereka tau. Yah, tau sendiri kan ubur-ubur kayaknya udah kenal toni bakan bukan kenal lagi tapi artis di kalangan ubur-ubur, mana ada coba ubur-ubur yang ikut konferensi ubur-ubur sedunia dengan berat 80 kg dan berwarna ungu, iya itu tuh toni yang memutuskan untuk pake kostum ubur-ubur untuk menghormati ubur-ubur yang lain dan mengenai kenapa dia pake warna ungu itu buat ngasih tau kesemuanya klo dia itu JOMBLO, bukan, bukan duda tapi JOMTON (jomlo bernama toni)

Karena mobil yang kita pake itu bukan mobil amfibi yang bisa jalan di laut. Akhirnya evan mutusin untuk nitip pesan buat toni sama ubur-ubur yang lewat. Klo ada yang tanya kenapa nggak telpon atau sms aja, itu karena kita lagi kere a.k.a nggak ada doku. Setengah jam aja, toni udah nyampe maklum dia dateng pake sampan jadi harus dayung-dayung dulu gitu. Akhirnya kita berangkat.

“bro, kenapa loe nggak pindah rumah aja sih. Susah gw ngehubungin loe. Masa titip pesen sama ubur-ubur mulu. Mana mereka ngentup lagi klo nggak dikasih duit. Kan gw jarang punya duit.

“ngentup?! Itu sih tawon. Nyenget evan.” aku ngoreksi, maklum kosakata evan terbatas.

“iya, iya, itu apalah namanya.”

“karena aku suka laut, ubur-ubur dan terumbu karang. Mereka adalah bagian terindah dari dunia, lautnya yang biru, dengan warna-warna indah yang berikan oleh terumbu karang dan…”

Salah klo gini, salah banget evan nanyanya. Toni klo ditanya kenapa pasti jawabannya ilmiah dan berpuitisasi. Wajah aku sama evan udah nggak nafsu lagi, karena satu pertanyaan yang diajuin evan tadi jawaban dari toni menghabiskan waktu sepuluh menit dan setelah itu aku sama evan memutuskan untuk tidak mengajukan pertanyaan apa pun lagi.

Ternyata anak-anak SQUAD yang pergi cuma bertiga doang. Dan kita memutuskan untuk pergi ke kota. Nggak lama perut laper, cacing di perut udah pada demo nggak karuan. Kali ini kita makan di tempat sea food. Kita memutuskan untuk makan disini karena tempat makan yang lain penuh, setelah memaksa toni, karena dia nggak mau masuk dengan alasan “aku tidak bisa melihat teman-teman kecilku disantap oleh kalian berdua, mereka itu tidak bersalah mengapa kalian…” sepuluh menit lewat akhirnya evan ngejelasin klo hewan laut salah satu fungsinya ya untuk dimakan, selain itu evan punya niat terselubung untuk meminta pada salah satu pelayannya untuk nyate ubur-ubur (itu sih namanya balas dendam). Setelah ada di dalam, toni memutuskan untuk nggak makan. Dan evan? Dia sih bukan makan lagi namanya tapi ngabisin, masa dia cuma nyisain sushi ukuran kecil buat aku dengan alasan “klo kebanyakan makan nanti gendut, udah makan ini aja.”

***

Yang namanya absurdifitas memang kadang nggak bisa dijelasin, seperti halnya cerita diatas. Tapi yang pasti, setiap pengalaman hidup yang kita jalanin seberapa absurdnya itu selalu membawa makna untuk kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SANGAT DIANJURKAN untuk saling mengapresiasi atau mengkritik tulisan satu sama lain. Kita sama-sama belajar ya!