Peringatan keras: setiap karya yang dimuat di Writing Session dilindungi UU hak cipta & penjiplakan pada karya tersebut memiliki sanksi!

Minggu, 20 Februari 2011

FASHIONISTA , Fashion Nista.

Oleh: @meiizt

Pagi itu di sekolah, seperti biasa gue adalah murid yang pertama datang.
“Pagi, Pak!” sapaku dari atas sepeda pada Pak Tino, penjaga sekolah yang baru saja mau membuka pagar.
“Pagi, neng. Wah, bapak keduluan si eneng lagi nih,” beliau tersenyum lebar, kumisnya yang lebat bergerak-gerak. Hehe, gue suka geli kalo ngeliatnya. Tapi gue juga jadi keinget sama almarhum bokap gue, kumisnya dulu juga selebat Pak Tino ini.
“Belom ngerjain pe-er nih pak, kelupaan.”
“Eneng mah tiap hari kelupaan ngerjain pe-ernya.”
Gue nyengir. Tiap hari gue selalu datang sebelum Pak Tino membuka pagar sekolah. Rumah beliau ada di dalam kompleks sekolah, Pak Tino dan istrinya juga yang mengurus kantin sekolah.
“Biar gak macet ya neng. Bapak sih nggak pernah ngerasain macetnya jalan pagi-pagi, kerjanya di sini doing.”
“Iya Pak, enak dong Pak nggak pernah stress karena macet.”
“Iya neng, sok atuh masuk dulu neng.”
Wew, gue ngerasa dipersilahkan masuk ke rumah orang. Gue nyengir, lalu segera melaju ke tempat parkir sepeda. Saat gue berbalik mau jalan ke kelas, ma tague tertumbuk pada pemandangan yang tidak biasa. Gue sampai menyipitkan mata, mengerutkan dahi dan mangap-mangap. Sumpah, ini pemandangan ter-absurd yang pernah gue lihat.
Ada cowok bersweater pink terang sedang bersepeda ke arah gue.
Oh-mai-jod.
“Teraaa!” sapa si cowok sambil tersenyum lebar. Gue mematung. Itu-adalah-Roy. Pimpinan redaksi majalah sekolah gue. Ketua kelas gue. Point guard andalan tim basket sekolah gue. Sahabat gue sedari SD. Demi apa dia pake sweater pink terang gitu ke sekolah???
“Gila lo, ngapain lo pake ginian?” gue menarik-narik sweater pink terangnya sambil jalan menuju kelas.
“Haha, ini lagi ngetren tau, Ra, baru gue beli nih kemarin,” jawabnya dengan muka tanpa dosa.
“Roy, tapi lo tuh cowok! Lo cowok paling macho yang gue kenal di sekolah ini. Demi apa lo pake warna norak gini?” gue masih heran dan mikir kalo init uh nggak masuk akal banget.
“Ih, diskriminasi banget sih, emang cewek doang yang boleh pake pink?”
“Ya bukan gitu, Roy… nggak pantes aja gitu…”
“Masak sih? Gue nggak pantes pake ini?”
“Nggak banget! Ih, lo bisa dikira banci, ato nggak homo.”
Gue masang tampang you-are-so-gay sambil menggeleng-gelengkan kepala.
“Jahat banget sih lo, Raaa.”
“Itu realitanya Roy! Tunggu aja reaksi anak-anak ntar.”

Dan yak, saat banyak anak udah pada berdatangan, reaksi mereka seperti yang udah gue duga.
“Roy, lo nggak kenapa-napa?”
“Roy, otak lo nggak sakit?”
“Jangan bilang kalo lo sekarang mau jadi gay!”
“Roy?? Are you kidding me? Kenapa lo jadi kayak gini?”
Anak-anak sekelas langsung merubung Roy begitu mereka masuk kelas.
“Ini tuh fashion, tahu! Warna pink terang lagi nge-tren!” bela Roy.
“Fashion? Ckck, Roy, mending lo cuci muka deh sana! Kayaknya lo belum bangun dari mimpi lo.”

Kesal dengan ledekan anak-anak, Roy lalu keluar dari kelas dengan muka ditekuk. Gue menggaruk-garuk kepala yang nggak gatel.
“Yah, gue tahu lo bakal ada disini,” gue menepuk pundak Roy yang terduduk lesu di samping kantin.
“Gue salah ya?”
“Iya banget,” gue menjawab tanpa ragu. Roy kaget, lalu menunduk lagi.
“Lo jawabnya cepet banget sih, kayak nggak pake mikir.”
“Emang lo tuh aneh banget pake sweater pink gitu! Gila aja, ke sekolah lagi. lo tuh yang nggak mikir!” semprot gue.
“Habisnya mau gimana lagi, Ra..”
“Jatuh cinta sama siapa lagi lo kali ini?” todong gue. gue udah hapal kebiasaan si Roy ini. Kalo lagi jatuh cinta sama cewek, dia bakal ngelakuin apa aja demi merebut perhatian si cewek, terutama dalam hal-hal yang di sukai. Contohnya nih, dulu waktu naksir si Andin yang suka baca komik, Roy mati-matian belajar gambar buat narik perhatiannya Andin. Tapi, gambarnya yang bahkan lebih abstrak dari jejak iler gue di bantal itu malah jadi bulan-bulanan ejekan di kelas. Roy pun mengurungkan niatnya buat PDKT sama Andin.
Pernah juga waktu dia naksir Hani si drummer band sekolah yang popular itu, Roy mulai belajar main gitar dan nyanyi, ceritanya pingin berada di bidang yang sama dengan Hani. Tapi belum juga jago, jarinya lecet-lecet dan Roy nyerah. Suaranya yang bisa bikin orang ketawa jadi nangis itu pun juga nggak ngedukung. Hani bahkan dengan polosnya bilang kalau dia nggak suka denger Roy nyanyi.
Lalu kali ini, cewek mana lagi yang dia taksir?
Roy menghela napas.
“Ra, lo tau siapa yang nulis halaman fashion di majalah sekolah kita?”
“Ya tau lah. Kan gue. trus apa hubungannya?”
“Gue tahu lo ahli dalam fashion, lo suka ngikutin perkembangan fashion di dunia. Demi lo yang fashionista, gue rela jadi nista karena ngikutin fashion yang lo suka.”
Roy nyengir, dan gue ternganga. Shock.
“Maksud lo? Bentar, bentar. Jangan bilang lo naksir gue!”
“Menurut lo?”
Roy berdiri lalu mengacak-acak rambutku.
“Dari dulu kali, Ra, gue naksir elo. Tapi gue malu ngakuinnya, kita kan udah sahabatan mulai SD. Makanya gue berusaha buat jatuh cinta sama cewek-cewek lain, tapi pada kahirnya gue nggak bisa nolak, kalo perasaan gue ke elo ya emang kayak gini.”
Ya ampun, Roy. Gue juga naksir elo. Bahkan sejak hari pertama kita bertemu di SD dulu.
“Roy, lo norak deh. Norak banget.”
Dan kita berdua tertawa terbahak-bahak.
“Eh, neng Tera, aa’ Roy, itu bel sekolahnya udah bunyi lho, masuk kelas atuh,” tiba-tiba Pak Tino muncul entah dari mana.
“Hah, Pak Tino? Muncul dari mana?” seru Roy kaget.
“Saya mah dari tadi di belakang sini,” jawab beliau sambil nyengir. Muka gue memerah karena malu.
“Ngng… Bapak denger semua percakapan kami yah?”
“Hehehe, iya neng, hehehe.”
“Ah, gara-gara Roy nih! Nista lo Roy!” gue mengambil langkah seribu, kabur karena malu.
“Eh, tungguin gue!” Roy menyusul.
Sementara Pak Tino cuma geleng-geleng melihat tingkah laku dua abege labil itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SANGAT DIANJURKAN untuk saling mengapresiasi atau mengkritik tulisan satu sama lain. Kita sama-sama belajar ya!