Peringatan keras: setiap karya yang dimuat di Writing Session dilindungi UU hak cipta & penjiplakan pada karya tersebut memiliki sanksi!

Sabtu, 29 Januari 2011

Uang

Oleh: Julianda Rosyadi


Saya teringat pada status kawan saya di facebook. Ini statusnya, “Yoopo carane Nduwe omah seng regane 5M?” Saya benar-benar tidak mengerti status kawan saya ini sampai saya membaca angka 5 yang diikuti huruf M itu. Itu terjadi karena saya adalah orang Kalimantan, dan hanya sedikit mengerti bahasa daerah-daerah lain. Nah, dari kejadian kecil ini saya curiga, bahwa bahasa uang adalah bahasa universal.
Pernah berbicara dengan orang lain, tapi ternyata gak nyambung? Saya yakin, kita semua pernah mengalaminya. Misalnya, ketika kita mencoba melempar lelucon kepada kawan-kawan, tentu kita berharap mereka merasa ada yang lucu dan tertawa. Tapi sialnya kita kadang kawan-kawan kita hanya diam dan saling menatap. Contoh lainnya adalah ketika orang Jawa secara tidak sadar berbicara menggunakan bahasa daerahnya, padahal lawan bicaranya adalah orang yang sama sekali tidak mengenal bahasa Jawa. Tentu kita tahu apa yang akan terjadi.
The meaning of your communication is the response you get. Kalimat ini merupakan salah satu presuposisi NLP dari 8 presuposisi yang ditemukan langsung oleh penemu NLP sendiri, Richard Bandler. Dari kejadian yang saya alami di atas, seandainya teman saya tidak menulis 5M di sana maka saya bisa jadi tidak akan mengerti sepenuhnya status itu. Bahkan mungkin saya tidak akan memperdulikan status itu. Dan akhirnya, kawan saya akan gagal berkomunikasi dengan saya. Karena respon saya tidak benar, bahkan saya tidak merespon.
Nah, karena kita berkomunikasi dengan menggunakan bahasa maka kita dituntut untuk menemukan bahasa yang tepat. Salah satu bahasa yang bisa diterima oleh semua orang, menurut saya, adalah bahasa uang. Selain dari kejadian yang saya alami di atas, ada beberapa hal yang bisa membuktikannya. Pertama, sangat sedikit transaksi jual-beli yang terhambat masalah bahasa. Ini tidak lain karena bahasa yang digunakan adalah bahasa uang. Kedua, Anda kenal Bolot, kan? Jika Anda kenal, pasti Anda tahu kalau salah satu kunci jika ingin berkomunikasi orang ini adalah dengan bahasa uang. Ya, ini hanya analisis kecil-kecilan. Tapi, saya pikir ada benarnya. Semoga bermanfaat, dan mari bertukar pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SANGAT DIANJURKAN untuk saling mengapresiasi atau mengkritik tulisan satu sama lain. Kita sama-sama belajar ya!